KPU tetapkan Zul-Rohmi Gubernur/Wagub NTB

id KPU NTB,Tetapkan Zul-Rohmi Gubernur dan Wagub ,Pilkada 2018

KPU tetapkan Zul-Rohmi Gubernur/Wagub NTB

KPU tetapkan pasangan gubernur dan wakil gubernur Dr Zulkieflimansyah dan Dr Sitti Rohmi Djalilah.

Dari 17 provinsi yang melaksanakan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, NTB yang tertinggi partisipasi pemilihnya
Mataram (Antaranews NTB) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi menetapkan Dr Zulkieflimansyah dan Dr Sitti Rohmi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur NTB hasil Pilkada 27 Juni 2018.

Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Ansori di Mataram, Selasa, mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan tersebut.

"Tentu kami bersyukur dan bahagia sekaligus terharu rangkaian seluruh tahapan Pilkada ini dapat kami lalui dengan lancar dan kondusif sampai penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB terpilih," katanya.

Aksar mengatakan partisipasi pemilih Pilkada NTB 2018 meningkat 75,12 persen dibanding Pilkada 2013 yang hanya mencapai 70,06 persen.

"Dari 17 provinsi yang melaksanakan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, NTB yang tertinggi partisipasi pemilihnya," kata Aksar.

Dia mengatakan Pilkada NTB tak satu pun perselisihan maupun sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), termasuk gugatan di DKPP dan tindak pidana pemilu, sehingga dipastikan masyarakat NTB sudah memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih.

Terkait pelantikan, Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Aksar mengungkapkan dilaksanakan 17 September di Istana Presiden di Jakarta.

"Untuk pelantikan dan pengambilan sumpah oleh Presiden kita mendapat gelombang pertama, karena tidak ada gugatan dan perselisihan, beda dengan di beberapa provinsi yang masih ada sengketa," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur NTB terpilih Dr Zulkielimansyah juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah memilihnya. Juga kepada KPU NTB dan pihak keamanan yang telah sukses menjalankan serta mengawal Pilkada dengan lancar dan kondusif.

"Bagaimanapun kita sangat bersyukur Pilkada di NTB berlangsung aman dan tertib. Ini kemenangan masyarakat NTB," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan telah mendatangi calon-calon lainnya yang turut berkompetisi dalam Pilgub NTB 27 Juni 2018. Baginya, calon-calon lainnya merupakan sahabat yang akan membantunya dalam memajukan NTB ke depan.

"Terpenting saat ini adalah kita sudah menunjukan kematangan berdemokrasi. Kita sudah bertemu calon-calon lain. Kami kembali seperti semula bersahabat. Kalaupun pada saat kompetisi ada perbedaan semua sudah berlalu. Terpenting saat ini empat pasangan bersama-sama bersatu membangun NTB," tegasnya.

Pelaksanaan penetapan Gubernur dan Wagub NTB terpilih yang dilaksanakan di salah satu hotel di kota Mataram berlangsung meriah dengan dikawal ratusan personel kepolisian. (*)