Legislator ajukan lima permintaan penanganan gempa NTB

id Gempa NTB,Willgo Zainar

Anggota Komisi XI DPR Fraksi Gerindra dari Daerah Pemilihan NTB, H. Willgo Zainar. (Foto Antaranews NTB/Awaludin)

Seluruh kementerian/lembaga harus digerakkan dalam pemulihan gempa Lombok-Sumbawa
Mataram (Antaranews NTB) - Anggota DPR mengajukan lima permintaan dalam rapat konsultasi dengan sejumlah lembaga/kementerian terkait penanganan dampak gempa bumi di Nusa Tenggara Barat yang digelar di Jakarta, Senin (10/9).

"Hasil rapat konsultasi hari ini menyimpulkan ada lima permintaan yang diajukan kepada pemerintah," kata anggota Komisi XI DPR dari Daerah Pemilihan NTB, H. Willgo Zainar, melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram.

Ia menyebutkan lima permintaan yang diajukan, pertama adalah meminta pemerintah untuk mempertimbangkan revisi Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2018, sehingga menjadi dasar hukum dalam penanganan bencana untuk seluruh daerah terdampak gempa (Lombok dan Sumbawa).

"Seluruh kementerian/lembaga harus digerakkan dalam pemulihan gempa Lombok-Sumbawa," ujarnya.

Permintaan kedua, lanjut Willgo, penyederhanaan birokrasi penanganan dampak gempa dengan kepemimpinan yang lebih solid sehingga tercipta keterpaduan data, rencana penanganan dan dukungan pembiayaan.

Ketiga, meminta pemerintah memastikan mengalokasikan pemulihan pascagempa dengan memastikan program dan sumber pendanaannya.

"Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari simpang siur alokasi biaya dalam jangka pendek sampai jangka panjang," ucapnya pula.

Keempat, kata Willgo, meminta pemerintah meninjau kebijakan pembangunan hunian sementara (huntara) dan segala fasilitasnya untuk merespon musim hujan yang akan datang.

Pemerintah dapat mengatur agar huntara menjadi rumah tumbuh yang pada waktunya menjadi permanen.

Politisi Partai Gerindra ini menambahkan permintaan kelima adalah bantuan dana stimulan segera ditransfer.

"Sementara yang sudah ditransfer ke masyarakat dapat segera digunakan secara swakelola sehingga tidak tersimpan lama di rekening," kata Willgo.

Ia mengatakan hasil rapat konsultasi tersebut akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan.

Rapat konsultasi penanganan dampak gempa NTB yang diikuti sejumlah menteri tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon, dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Selain H. Willgo Zainar, hadir juga dalam rapat tersebut anggota DPR dari Daerah Pemilihan NTB, yakni Helmy Faishal Zaini, Hj Ermalena, Nanang Samodra, Muhammad Syafrudin, Adi Putra Darmawan Tahir, Dr Kurtubi, dan Lalu Gede Syamsul Mujahidin. ? (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar