Ini nama pemenang lomba "photophone" Museum Negeri NTB

id Photophone,Lomba,SMA,museum,NTB

Ini nama pemenang lomba "photophone" Museum Negeri NTB

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (08/10/2019), mengumumkan enam pemenang Lomba Fotografi Museum Photophone tingkat SMA/SMK/MA dengan tema Pelestarian Warisan Budaya di Museum. (Antara NTB/Riza Fahriza)

Mataram (ANTARA) - Museum Negeri Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa, mengumumkan enam pemenang Lomba Fotografi Museum Photophone tingkat SMA/SMK/MA dengan tema Pelestarian Warisan Budaya di Museum.

Keenam pemenang itu, yakni, Juara I Zaman Darmawan siswa SMKN 1 Selong, Lombok Timur dengan tema Peninggalan Budaya yang Ditenggelamkan, Juara II Rumansyah Abdul Salam siswa SMAN 7 Mataram tema Jenis-Jening Topeng, dan Juara III Muhammad Nune Huria Sakti tema Pedang dengan Bilah Berukiran Tulisan Berbahasa Arab.

Juara Harapan I Baiq Qonita Firjatullah SMAN 3 Mataram tema Pelestarian Warisan Budaya di Museum, Juara Harapan II Nabil Afkar SMKN 2 Mataram tema Aksara yang Berharga Namun Pudar, dan Juara Harapan III Lalu Muhammad Khidir MAN 2 Mataram tema Napak Tilas Sejarah Melalui Naskah Kuno.

Kepala Bagian Tata Usaha Museum Negeri NTB, Bunyamin yang mewakili Kepala Museum Negeri NTB, Zubair Muslim, menyebutkan total foto yang dikirimkan peserta lomba tersebut sebanyak 39 lembar.

Dari 39 lembar itu, dihasilkan enam pemenang setelah melalui proses penjurian, katanya.

Ia mengapresiasi hasil jepretan dari siswa setingkat SMA/SMK/MA itu, terhitung bagus sesuai dengan tema, demikian pula dengan keterangan foto/caption yang wajib dicantumkan setiap foto yang dikirim ke panitia.

"Ada keingintahuan untuk caption sesuai dari foto yang diangkat. Bahkan mencari dari internet untuk mendapatkan literasinya," katanya.

Ia menjelaskan diselenggarakannya event tersebut, tidak terlepas dari salah satu program untuk menumbuhkan kecintaan terhadap museum dari generasi muda di NTB.

"Serta meningkatkan apresiasi terhadap museum," tandasnya.

Seperti diketahui, lomba fotografi tersebut digelar sejak 25 September sampai 5 Oktober 2019 serta kriteria penilaian meliputi kesesuaian tema, daya tarik, keunikan, harmonisasi, serta jumlah followers.

Dalam acara penyerahan hadiah itu juga, pihak Museum Negeri NTB memajangkan seluruh foto jepretan peserta lomba fotografi via telepon selular.


 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar