Warga Ngargoretno menggelar Ruwat Rawat Menoreh upaya konservasi alam

id ruwat menoreh,magelang

Warga Ngargoretno menggelar Ruwat Rawat Menoreh upaya konservasi alam

"Ruwat Rawat Menoreh" digelar di Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2022). ANTARA/Anis Efizudin

Magelang (ANTARA) - Warga Desa Ngargoretno, Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa, menggelar ritual "Ruwat Rawat Menoreh" sebagai upaya konservasi alam di daerah tersebut. Ritual Ruwat Rawat Menoreh berlangsung bersamaan dengan peresmian Museum Marmer Indonesia kawasan pegunungan Menoreh Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Museum Marmer Indonesia merupakan perpaduan wisata alam, budaya dengan wisata edukasi yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Ngargoretno sebagai salah satu wisata penyangga di kawasan Borobudur.

Ritual Ruwat Rawat Menoreh, antara lain diwarnai pemotongan tumpeng dan penanaman pohon. Ketua BUMDes Ngargoretno Soim Shetam menyampaikan Desa Ngargoretno mempunyai potensi yang sangat besar.

Baca juga: Ruwatan Nusantara digelar di Candi Tirta Kasongan Bantul

"Mungkin marmer merah yang ada di desa ini satu-satunya di Jawa Tengah, bahkan mungkin di Indonesia. Kami bersama-sama warga mencoba melestarikan, menyelamatkan bagaimana marmer yang ada di desa ini tidak dirusak tetapi bisa mengahasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan di sini selain edukasi geologi, bisa belajar tentang batu purba yang ada di Bukit Menoreh, juga ada atraksi-atraksi wisata desa berupa paket permainan anak, outbond, edukasi peternakan, pertanian, perkebunan dan lainnya.

Ia menyampaikan luasan bukit marmer yang masih alami di desa ini sekitar 27 hektare. "Destinasi museum alam marmer, ini bagian dari konservasi bagaimana marmer ini dilestarikan, marmer ini menghasilkan ekonomi tanpa harus ditambang, tanpa harus dirusak," kata Soim.