Disperinkop Mataram melibatkan 50 UMKM pada Festival Kuliner sambut WSBK

id wsbk,kuliner,mataram

Disperinkop Mataram melibatkan 50 UMKM pada Festival Kuliner sambut WSBK

 Ilustrasi: kegiatan bazar usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperinkop UKM) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan melibatkan sekitar 50 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam kegiatan Festival Kuliner menyambut ajang World Superbike (WSBK).

Kepala Disperinkop UKM Kota Mataram H Lalu Fatwir Uzali di Mataram, Rabu, mengatakan kegiatan Festival Kuliner tersebut akan digelar pada 12-13 November 2022 di sepanjang Jalan Flamboyan atau samping Taman Sangkareang.

"Jalan Flamboyan akan kita tutup, dan jadikan sebagai lapak UMKM yang ikut Festival Kuliner," katanya.

Festival Kuliner itu dimaksudkan untuk memudahkan para tamu-tamu baik dari dalam daerah, luar daerah, dan luar negeri yang datang ke WSBK untuk mendapatkan kebutuhan makanan.

"Ketika penonton pulang pada sore atau malam hari dalam kondisi membutuhkan makanan, mereka bisa dengan mudah mencari kuliner di sepanjang Jalan Flamboyan," katanya.

Dalam kegiatan Festival Kuliner ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram selaku penyelenggara kegiatan dan menyiapkan stan serta kebutuhan lainnya.

"Kami tinggal mengkoordinasikan terhadap kesiapan pelaku UMKM untuk membuka lapak selama dua hari di dalam kegiatan tersebut," katanya.

Sesuai dengan temanya dalam kegiatan Festival Kuliner ini, pelaku UMKM yang dilibatkan hanya UMKM kuliner berupa makanan-makanan khas dari Kota Mataram atau Pulau Lombok secara umum.

Misalnya, pelecing kangkung, urap, sate Rembiga, sate pusut, ayam Taliwang, dan makanan-makanan ringan olahan khas lainnya.

"Jadi untuk pelaku UMKM kriya dan fashion tidak kita libatkan," kata Lalu Fatwir Uzali.

Sebelumnya, Kepala Dispar Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi mengatakan persiapan untuk kegiatan Festival Kuliner tersebut saat ini terus dilakukan.

"Insya Allah, Jumat lapak sudah siap. Karena ini tinggal kita tata saja untuk digunakan hari Sabtu dan Minggu (12-13/11)," katanya.