Biak Numfor sabet Piala Adipura ke-6 predikat kota kecil terbersih

id Adipura Biak,Keenam,Papua,Kota kecil bersih

Biak Numfor sabet Piala Adipura ke-6 predikat kota kecil terbersih

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap bersama Kadis Lingkungan Hidup Biak memperlihatkan piala Adipura keenam Kabupaten Biak Numfor predikat kota kecil terbersih yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. ANTARA/HO-Humas dan DLH Biak

Biak (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) menganugerahkan Piala Adipura ke-6 kepada Kabupaten Biak Numfor, Papua dengan predikat kota kecil terbersih di Indonesia.

Penyerahan piala Adipura keenam kota kecil terbersih diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap di Auditorium Dr Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Selasa.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Biak Numfor Iwan Ismulyanto ketika dikonfirmasi di Biak, membenarkan Kabupaten Biak Numfor raih piala Adipura keenam yang diterima langsung Bupati Herry Ario Naap dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Auditorium Dr Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti di Jakarta, Selasa.

Sementara itu, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengaku bangga dan bahagia atas capaian prestasi dinas lingkungan hidup bersama masyarakat Kabupaten Biak Numfor menorehkan prestasi sebagai kota kecil terbersih di Indonesia.

"Pemkab Biak Numfor memberikan apresiasi kepada semua elemen masyarakat bersama-sama yang turut serta bersama pemerintah menjaga kebersihan kota Biak, " imbuh Bupati Biak Herry Naap. Ia mengatakan, hasil yang kembali diraih ini tak lepas dari upaya yang luar biasa dari seluruh komponen masyarakat dan Dinas Lingkungan Hidup yang mampu memperbaiki kualitas lingkungan dan kebersihan di Kabupaten Biak Numfor
 
“Saya sekali lagi berterima kasih masyarakat Biak Numfor yang telah berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan di wilayah masing-masing. Piala ini akan memotivasi kami dan masyarakat untuk lebih meningkatkan kualitas lingkungan,” ujarnya.
 

Bupati Herry Naap mengharapkan, prestasi meraih piala Adipura ini menjadi pemicu agar Biak Numfor kedepannya lebih memacu diri dalam meningkatkan kualitas pengelolaan sampah dan lingkungan. "Kita tingkatkan budaya bersih dimanapun kita berada,” imbuh Bupati Herry Naap dalam keterangan tertulis diterima ANTARA.

Dalam sambutannya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, Adipura merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat mewujudkan kota bersih dan teduh dengan menerapkan prinsip good governance dalam pengelolaan lingkungan hidup.
Penilaian itu berbasis data untuk melihat seluruh pengelolaan kebersihan dan keindahan suatu kota. Capaian keenam piala Adipura Kabupaten Biak Numfor sejak Tahun 2014,2015,2016,2017,2018 (2019-2021 pandemi COVID-19) dan Tahun 2022.