Mal Kelapa Gading suguhkan Tari Sufi dan Tanoura khas Jateng

id Mal Kelapa Gading, Tari Sufi, Tari Tanoura,MKG, Majestic Ramadhan

Mal Kelapa Gading suguhkan Tari Sufi dan Tanoura khas Jateng

Atraksi tari El Tanoura khas Mesir di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Minggu (26/3/2023). ANTARA/HO-Mal Kelapa Gading

Jakarta (ANTARA) - Manajemen Mal Kelapa Gading (MKG) di Jakarta Utara menyuguhkan pertunjukan tari khas Timur Tengah seperti Tari Sufi dari Turki dan Tari El Tanoura dari Mesir untuk menghibur pengunjung yang berkunjung selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang.

Center Director Summarecon Mal Kelapa Gading Willy Effendy di Jakarta, Kamis, mengatakan pertunjukan tari khas Timur Tengah itu merupakan bagian dari rangkaian acara bertajuk 'Magestic Ramadhan' yang diselenggarakan di MKG sejak 22 Maret hingga 30 April 2023.

Tari El Tanoura dan Tari Sufi hampir mirip di mana penari ingin mengidentifikasi diri dengan Tuhan melalui musik yang menghipnotis dan gerakan berputar yang melelahkan.

Perbedaan keduanya ada pada kostum, penari Sufi hanya memakai jubah sewarna, sedangkan penari El Tanoura memakai baju putih yang dilengkapi juga dengan lampu yang berwarna-warni berkelap-kelip sepanjang pertunjukan. Sering juga bagian roknya bermotif atau berwarna-warni.

Willy mengatakan manajemen MKG ingin menginspirasi pengunjung dengan karya seni yang diakui secara luas memiliki makna sebagai simbol ketenteraman, kedamaian, dan cinta kasih kepada sang pencipta.

Hal itu pun senada dengan dekorasi MKG selama Ramadhan tahun 2023 yang serba merah muda (pink), terinspirasi dari desain Masjid Dimaukom di Filipina. Penampilan Tari El Tanoura akan dihadirkan pada Sabtu (8/4) pukul 19.00 WIB, sedangkan Tari Sufi bisa disaksikan pada 15 dan 22 April 2023 pukul 17.00 WIB. "Selanjutnya pada 21 April 2023, Tari El Tanoura akan kembali tampil pukul 19.00 WIB," kata Willy.

Tak hanya menampilkan seni tari dari Timur Tengah, seni musik lokal juga turut dihadirkan pada gelaran 'Magestic Ramadhan' di Mal Kelapa Gading, salah satunya atraksi Rampak Bedug dan penampilan musisi pop tanah air seperti Bondan Prakoso, HiVi, dan Trio Gambus.

"Bondan Prakoso sudah tampil pada Sabtu (1/4) pukul 19.30 WIB lalu, dan HiVi pada Kamis (6/4) pukul 19.30 WIB. Sedangkan Trio Gambus akan tampil pada 16 April 2023 pukul 19.00 WIB. Tapi jangan sampai ketinggalan atraksi Rampak Bedug pada 15 dan 20 April 2023 pukul 19.00 WIB," kata Willy.

Tidak kalah menariknya yakni penampilan Paduan Suara pada Sabtu (8/4), serta 20 dan 21 April 2023 pukul 16.00 WIB, serta ada pentas seni pelajar pada 11 dan 14 April 2023 pukul 16.00 WIB. Masih dalam rangkaian kegiatan 'Magestic Ramadhan', manajemen MKG menghadirkan potongan harga sebesar Rp100 ribu per hari bagi anggota MKG Friendship yang berbelanja di gerai makanan dan minuman minimal Rp500 ribu setiap kunjungan Sabtu dan Minggu, lewat aplikasi daring 'Summarecon Mall'.

"Promosi ini berlaku sejak 1 April hingga 23 April 2023, setiap Sabtu dan Minggu, dan hanya 20 pengunjung dengan keanggotaan Gold pada aplikasi 'Summarecon Mall' yang bisa mendapatkan kupon belanja di MKG sebesar Rp100.000 per hari," kata Willy.

Selain itu, kata Willy, pengunjung yang baru mendaftar di aplikasi daring 'Summarecon Mall juga bisa mendapatkan kupon belanja di MKG sebesar Rp50.000 cukup bertransaksi minimal Rp100 ribu di gerai makanan dan minuman tanpa penggabungan struk. Promosi itu terbatas untuk 10 pelanggan setiap harinya.

Baca juga: Tarian tradisional bisa jadi daya tarik masuknya turis
Baca juga: Miris! Penari tradisional Senggigi menjadi "penonton" di tanahnya sendiri
Baca juga: Tarian kecak hibur wisatawan di Pantai Krandangan Senggigi


Willy menyebut program baru yang tidak kalah menarik yaitu Mystery Bag yang akan diselenggarakan pada 16 April 2023. Mystery Bag itu berisi berbagai produk bernilai jutaan rupiah dari jenama ternama seperti Zara, Timberland, Foot Locker dan LEGO, cukup membayar sebesar Rp250 ribu saja untuk satu Mystery Bag.

Program Mystery Bag bisa diikuti setiap anggota MKG Friendship yang berbelanja di MKG minimal Rp2.000.000 dengan penggabungan maksimal tiga struk. Tak kalah menarik, pada 14 April 2023 pukul 16.00 WIB, para pengunjung yang membawa anak bisa mengikutsertakan anaknya pada lomba mewarnai bertajuk "Colouring with Paperclip” secara gratis, terbatas hanya untuk 15 anak.