Penyaluran BLT DD di Lombok Tengah mencapai 98 persen

id BLT DD di Lombok Tengah,penyaluran BLT DD di Lombok Tengah,BLT DD Lombok Tengah,BLT DD,Lombok Tengah

Penyaluran BLT DD di Lombok Tengah mencapai 98 persen

Kepala DPMD Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Zaenal Mustakim (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyatakan, penyaluran program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa (DD) di daerah setempat telah mencapai 98 persen dari total 127 desa.

"Penyaluran BLT DD itu sekitar 98 peQrsen. Tinggal lima desa yang belum menyalurkan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lombok Tengah, Zaenal Mustakim di Praya, Rabu.

Lima desa yang belum menyalurkan BLT DD tahap pertama 2023 itu yakni Desa Labulian, Desa Nyerot, Desa Bakan, Desa Mantang dan Desa Stuta. Ke lima desa tersebut belum menyalurkan BLT DD, karena belum melakukan musyawarah desa kelompok penerima manfaat (KPM).

"Target bulan ini harus sudah rampung untuk BLT DD tahap pertama ini, kita terus memberikan pembinaan," katanya.

Ia mengatakan, dalam program BLT DD itu KPM diberikan bantuan Rp300 ribu untuk satu bulan dan diberikan per triwulan, sehingga jumlah bantuan yang diberikan itu Rp900 ribu.

"Sasaran dalam program ini ditentukan oleh pemerintah desa melalui Musdes KPM," katanya.

Bantuan itu diberikan kepada masyarakat kurang mampu dengan harapan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu, program ini diharapkan bisa menjaga peningkatan inflasi pasca pandemi COVID-19.

Pemberian uang tunai kepada keluarga miskin atau tidak mampu yang bersumber dari Dana Desa untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan ekstrem dan mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi.

"Program ini untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan," katanya.

Oleh karena itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat atau KPM untuk bisa menggunakan dana tersebut dengan baik, sehingga ekonomi bisa tumbuh dengan baik.