MSI: Pasangan Jarot-Ansori teratas Pilkada Sumbawa 2024

id Survei,Pilkada Sumbawa 2024,Jarot-Ansori,Megna Selekta Institute,Pemilihan Kepala Daerah

MSI: Pasangan Jarot-Ansori teratas Pilkada Sumbawa 2024

Hasil survei Megna Selekta Institute terkait peluang para calon di Pilkada Sumbawa 2024. (ANTARA/HO-MSI)

Sumbawa (ANTARA) - Lembaga survei Megna Selekta Institute (MSI) merilis hasil survei terbaru mengenai perilaku memilih masyarakat Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024.

Hasil survei menunjukkan pasangan calon Syarafuddin Jarot - Mohammad Ansori (Jarot - Ansori) memimpin dalam bursa calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa.

Direktur Megna Selekta Institute, Joni Firmansyah, dalam keterangannya pada Kamis (12/9), mengungkapkan bahwa survei tersebut dilaksanakan dari 31 Agustus hingga 6 September 2024 dengan margin of error 3,2 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei tersebut melibatkan 800 responden yang dipilih secara acak melalui metode Random Sampling dan dilakukan melalui wawancara tatap muka.

"Penelitian tersebut mencakup seluruh kecamatan dan desa di Kabupaten Sumbawa, termasuk 157 desa dan 8 kelurahan," ujarnya.

Ia menyebutkan hasil survei menunjukkan bahwa 91,3 persen responden mengetahui tentang pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung pada 27 November mendatang, dan 99,2 persen dari mereka berencana untuk ikut serta sebagai pemilih.

Dalam survei tersebut, Ir. Syarafuddin Jarot, MP menempati posisi teratas untuk calon bupati dengan perolehan 41,3 persen, diikuti oleh H. Mahmud Abdullah dengan 21,7 persen, Hj. Dewi Noviany dengan 17,8 persen, dan Abdul Rafiq dengan 11,4 persen. Sebanyak 7,8 persen responden belum memberikan jawaban.

Untuk calon Wakil Bupati, Dr. Mohamad Ansori berada di puncak dengan elektabilitas 38,1 persen, disusul oleh Burhanuddin Jafar Salam dengan 20,5 persen, Talifuddin dengan 18,1 persen, Sahril dengan 12,3 persen, dan 11 persen responden belum menjawab.

Jika pemilu dilakukan hari ini, hasil survei menunjukkan pasangan Jarot - Ansori memimpin dengan 40,2 persen, diikuti oleh pasangan Mo-BJS dengan 21 persen, Novi-Talif dengan 18,5 persen, Rafiq-Sahril dengan 12,3 persen, dan 8 persen responden tidak memberikan jawaban.

Survei juga mencatat bahwa ada peluang perubahan pilihan di masyarakat sebesar 27,5 persen. Faktor-faktor yang mempengaruhi potensi perubahan ini meliputi program dan visi misi calon sebesar 17,6 persen, bantuan sembako 17,1 persen, dan faktor uang sebesar 37,9 persen.

"Kami merencanakan untuk melakukan survei lanjutan pada bulan Oktober dengan margin of error yang lebih kecil yaitu 2,6 persen untuk memperoleh gambaran yang lebih akurat," ujarnya.

Baca juga: Akademisi UIN Mataram ungkap kekuatan media sosial pengaruhi opini publik pilkada
Baca juga: Akademisi UIN Mataram nilai Pilkada NTB kian matang


Dengan hasil survei tersebut, kata Joni Firmansyah, jelas bahwa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa 2024 akan menjadi kompetisi yang menarik, dengan Jarot - Ansori saat ini memimpin dalam elektabilitas.

Publik diharapkan akan terus mengikuti perkembangan dan program dari setiap pasangan calon menjelang hari pemilihan.

Tags: #SurveiPilkada #PilkadaSumbawa2024 #JarotAnsori #MegnaSelekta #PolitikSumbawa #KeterpilihanCalon #PemilihanKepalaDaerah