Demokrat NTB menggelar konsolidasi kader hadapi Pilkada 2020

id Sekjen Demokrat,Hinca Panjaitan,Demokrat NTB,Konsolidasi Kader,Pilkada 2020

Demokrat NTB menggelar konsolidasi kader hadapi Pilkada 2020

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan (kedua dari kiri) didampingi Ketua DPD Partai Demokrat Nusa Tenggara Barat (NTB), TGH. Mahally Fikri (kedua dari kanan) saat memberikan keterangan pers disela-sela acara rapat konsolidasi kader Demokrat NTB di Kawasan Wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (27/7/2019). (ANTARA/Nur Imansyah).

Lombok Barat, NTB (ANTARA) - DPD Partai Demokrat Nusa Tenggara Barat menggelar konsolidasi kader dan persiapan menghadapi Pilkada 2020.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan konsolidasi kader itu diikuti calon anggota legislatif (caleg) yang terpilih pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

"Kegiatan ini kita lakukan secara simultan di seluruh Indonesia, kebetulan NTB yang pertama," ujar Hinca di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu.

Ia menjelaskan, konsolidasi tersebut dilaksanakan untuk mempersiapkan kerja-kerja politik Partai Demokrat di DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota di NTB pascapileg dan pilpres.

"Kegiatan konsolidasi caleg juga membahas terkait penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) mulai fraksi, komisi mulai tingkat DPRD provinsi hingga DPRD kabupaten/kota, termasuk arah Demokrat terhadap pembahasan setiap APBD," katanya.

Khusus untuk Pilkada 2020, Hinca menegaskan sesuai arahan Partai Demokrat akan memprioritaskan kader sebagai calon kepala daerah. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan Partai Demokrat akan mengusung calon non-kader asalkan dinilai layak dan mumpuni.

"Jadi kita perioritaskan kader, tetapi kader belum siap, kami tidak menutup kemungkinan mengusung calon di luar kader," ucap Hinca.

Hinca meminta pengurus Demokrat NTB untuk menjemput bola untuk mendapatkan figur yang layak diusung pada pilkada nanti.

Menurut dia, terdapat 270 daerah di Indonesia yang akan melaksanakan Pilkada 2020. Sembilan di antaranya pilkada provinsi dan selebihnya pilkada kabupaten/kota.

"Untuk mengusung calon, Demokrat tidak bisa sendirian, harus koalisi dengan partai lain," katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Demokrat NTB Zainul Aidi menyatakan pihaknya siap membentuk tim penjaringan dan membuka pendaftaran bagi bakal calon kepala daerah.

"Sesuai dengan perintah DPP kami siap membuka penjaringan, segera kami tindak lanjuti ini," katanya.

NTB akan menggelar pilkada di tujuh kabuaten/kota, yakni Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, dan Bima.

Pada Pileg 2019, menurut dia, Partai Demokrat berhasil mendudukkan 48 wakilnya di dewan dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga DPR.

"Tujuh caleg di provinsi dan selebihnya kabupaten/kota. Meski di provinsi turun satu tapi kita berhasil di Pileg 2019," katanya.