Inspeksi trek selesai, MGPA memastikan WSBK-IATC digelar sesuai jadwal

id world superbike,sirkuit mandalika,asia talent cup

Inspeksi trek selesai, MGPA memastikan WSBK-IATC digelar sesuai jadwal

Pesawat dari Jupiter Aerobatic Team TNI AU beraksi saat sesi latihan jelang pembukaan World Superbike (WSBK) di kawasan sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis (18/11/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Lombok Tengah (ANTARA) - Mandalika Grand Prix Association memastikan seri penutup musim balapan World Superbike (WSBK) dan Idemitsu Asia Talent Cup siap digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika setelah federasi balap motor internasional FIM merampungkan inspeksi trek di Lombok, NTB itu pada Kamis.

"Hari ini kami merampungkan persiapan terakhir sebelum menggelar balapan, salah satunya track safety inspection oleh FIM, dan sejauh ini berjalan sesuai harapan," kata direktur utama MGPA Ricky Baheramsjah dalam keterangan resmi, Kamis.

Kru tim dan pebalap WSBK, pihak Dorna Sports dan FIM telah tiba di Mandalika sejak Rabu. Setelah inspeksi keamanan trek selesai, pebalap dan tim melakukan track familiarization atau pengenalan sirkuit.

Ricky menambahkan bahwa penyelenggara telah menyediakan personel marshal sesuai dengan standar FIM, menyusul penjadwalan ulang seri ke-3 balap IATC, yang seharusnya digelar 12-14 November ke akhir pekan ini, karena sirkuit kekurangan tenaga marshal.

Pelatihan dan simulasi juga telah dijalankan guna menambah kemampuan dan kompetensi marshal yang bertugas.

"Kami optimistis balapan pada 19-21 November siap digelar dan akan berlangsung dengan sukses," kata Ricky.

Selain itu, guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat menonton balapan, MGPA telah mengeluarkan regulasi untuk para penonton, antara lain wajib memiliki tiket, berusia 12 tahun ke atas, sudah dua kali menerima vaksin COVID-19, serta memiliki hasil swab antigen (berlaku 1x24 jam) atau PCR (2x24jam) negatif COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.

Panitia juga akan menghadirkan sejumlah acara pendukung seperti pameran otomotif, seni dan budaya lokal, pertunjukan musik, serta festival UMKM dan kuliner untuk memberikan hiburan bagi penonton di sela-sela balapan sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif setempat.