Menpora Amali temui guru olahraga di Boalemo

id Menpora,zainudin amali,gorontalo,boalemo,guru olahraga

Menpora Amali temui guru olahraga di Boalemo

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali memberikan sambutan di Tilamuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo, Senin (23/1/2023). ANTARA/Adiwinata Solihin

Gorontalo (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali bertemu dengan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) di Pendopo Kantor Bupati, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Senin.

Dalam kesempatan itu, Menpora mengatakan, Guru olahraga punya peran penting untuk pembentukan sumber daya manusia yang tangguh, sehat jasmani rohani dan mampu bersaing dengan negara lain.

Menurut dia, selama ini guru olahraga cenderung dimarjinalkan jika dibandingkan dengan guru mata pelajaran lain. "Biasanya guru olahraga itu tidak seperti guru mata pelajaran lain. Tidak menjadi guru yang utama," kata Menpora.

Ia menginginkan guru olahraga setara dengan guru mata pelajaran lain. "Pembentukan IGORNAS di seluruh daerah sebagai upaya untuk meningkatkan harkat, martabat serta kepercayaan diri guru olahraga seluruh Indonesia. Sekarang, satu satunya guru mata pelajaran yang ada organisasinya di tingkat nasional adalah guru olahraga. Bahkan sekretariatnya ada di kantor Kemenpora," ujar Menpora.

Menpora pun melihat perkembangan yang positif tentang apresiasi dan penghargaan kepada guru olahraga. "Dulu guru olahraga sangat sulit jadi kepala sekolah. Sekarang, saya dapat laporan sudah banyak guru olahraga jadi kepala sekolah. Jadi sekarang guru olahraga tidak boleh lagi merasa minder, tidak boleh merasa termajinalkan," tegas nya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Hamka Hendra Noer menyambut baik kehadiran Zainuddin Amali di Gorontalo. Amali bahkan disambut adat Gorontalo karena baru pertama kali menginjakkan kaki di Boalemo sebagai pejabat negara.

Baca juga: Menpora nonton pertandingan persahabatan PS Boalemo vs Persidago
Baca juga: Majunya Menpora jadi Waketum PSSI dapat sorotan


"Saya ingat Pak Menteri sempat datang ke Gorontalo tanggal 23 Januari 2000. Waktu itu saya masih Asisten Deputi di Kemenpora. Hari ini Pak Menteri datang lagi di tanggal yang sama 23 Januari 2023,” ucap Hamka. Ia berharap guru guru olahraga bisa berkontribusi untuk meningkatkan prestasi siswa siswi di Gorontalo.