Pemkot Medan siapkan venue cabor BMX PON 2024

id Sepeda BMX,Taman Cadika,PON 2024,PON Sumut-Aceh,Pulungan Harahap

Pemkot Medan siapkan venue cabor BMX PON 2024

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan Pulungan Harahap. (ANTARA/ HO-Istimewa)

Medan (ANTARA) - Pemerintah Kota Medan menyiapkan venue atau lokasi pertandingan untuk cabang olahraga (cabor) BMX Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Sumut-Aceh di Taman Cadika Medan. "Persiapan dilakukan setelah penetapan venue untuk cabor BMX di Taman Cadika," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan Pulungan Harahap di Medan, Jumat.

Pihaknya segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menyiapkan arena sepeda BMX yang nantinya mempertandingkan kelas perorangan putra dan putri tersebut. Koordinasi dilakukan agar pembangunan sarana olahraga sepeda BMX yang mulai populer pada 1960-an di California, Amerika Serikat tersebut sesuai standar nasional. "Jadi kami minta mereka (Pemprov Sumut) menghadirkan orang yang paham dan ahli tentang venue BMX sehingga pembangunan sesuai standar," terang dia.

Baca juga: Empat provinsi DOB Papua langsung jadi peserta PON 2024
Baca juga: KONI Pusat pastikan PON 2024 terselenggara peralatan berstandar


Dengan demikian, arena BMX yang terbangun di Taman Cadika bisa terus digunakan karena sudah memenuhi standar perlombaan. Pembangunan sarana olahraga BMX tersebut direncanakan menggunakan dana APBD Perubahan Kota Medan 2023, namun besaran dana yang dibutuhkan masih menunggu desain pembangunan. "Begitu desain kami terima, baru dikerjakan. Seharusnya dari awal sudah ditetapkan bahwa cabor sepeda BMX akan digelar di Taman Cadika sehingga bisa dianggarkan melalui APBD induk," katanya.