Pemkab Lombok Tengah harapkan wisatawan meningkat setelah masuk ADWI 2023

id Desa wisata ,ADWI 2023,Lombok Tengah

Pemkab Lombok Tengah harapkan wisatawan meningkat setelah masuk ADWI 2023

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Lendek Jayadi (ANTARA/Akhyar)

Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, berharap wisatawan yang datang ke daerah itu meningkat dengan masuknya Desa Wisata Halal Setanggor  Kecamatan Praya Barat, ke dalam kategori 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah Lendek Jayadi di Praya, Selasa, menyebutkan dengan masuknya desa wisata tersebut dalam ADWI 2023 bisa dijadikan pintu masuk untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Selain itu, program tersebut bisa menjadikan desa wisata itu mandiri sehingga bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat.

"Alhamdulillah Desa Wisata Halal Setanggor masuk 75 besar ADWI 2023," kata Lendek Jayadi.

Ia mengatakan pada awalnya jumlah desa wisata yang mendaftar dalam program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu sebanyak 17 desa wisata di Lombok Tengah.

Dari belasan desa wisata itu, lima desa wisata masuk 300 besar ADWI yakni Desa Wisata Jango, Desa Wisata Puyung, Desa Wisata Karangsidemen, Desa Wisata Halal Setanggor dan Desa Wisata Aik Berik.

"Dari lima desa wisata itu, masuk 75 besar ADWI satu yakni Desa Wisata Halal Setanggor," katanya.

Ia mengatakan masuknya desa wisata di daerah itu ke dalam kategori ADWI 2023 merupakan  peluang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan desa wisata.

Oleh karena itu, pihaknya juga saat ini terus melakukan pembinaan kepada semua desa wisata di Lombok Tengah, tidak hanya desa wisata yang masuk dalam ADWI 2023.

"Pembinaan terus kami lakukan, bagaimana supaya desa wisata itu bisa mandiri," katanya.

Dalam pembinaan desa wisata tersebut pihaknya juga melakukan kolaborasi dengan perguruan tinggi seperti Poltekpar Lombok dan Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram.

"Kami telah melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi untuk mendukung pengembangan desa wisata di Lombok Tengah," katanya.

Ia juga berharap kepada masyarakat dan pemerintah desa untuk menyiapkan segala sesuatu yang menjadi penilaian dalam ADWI 2023.

"Masyarakat juga kami harapkan bisa mendukung program ini untuk peningkatan ekonomi," katanya.

Jumlah peserta dalam program ADWI 2023 ini mencapai 4.753 desa wisata di Indonesia.