Mataram jadwalkan Shalat Idul Fitri di Epicentrum Mall

id Lebaran,Mataram,Epicentrum

Mataram jadwalkan Shalat Idul Fitri di Epicentrum Mall

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Mataram Lalu Martawang. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram menjadwalkan  kegiatan Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah di halaman Lombok Epicentrum Mall, dari selama ini di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center bergabung dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Insya Allah Idul Fitri 1444 Hijriah, kita melaksanakan Shalat Id sendiri khusus untuk jajaran Pemerintah Kota Mataram bersama masyarakat umum di halaman Lombok Epicentrum Mall," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Selasa.

Hal tersebut disampaikannya seusai memimpin rapat bersama pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), camat, serta lurah, se-Kota Mataram terkait berbagai kegiatan di selama Ramadhan 1444 Hijriah, persiapan pawai takbiran, shalat Idul Fitri, dan Lebaran Ketupat.

Menurutnya, tahun ini menjadi tahun pertama Pemerintah Kota Mataram menggelar Shalat Id terpisah lagi dengan pemerintah provinsi. Awalnya dulu, katanya, sebelum Epicentrum Mall dibangun, areal tersebut merupakan bekas Kantor Bupati Lombok Barat, yang selalu dijadikan lokasi kegiatan Shalat Idul Fitri dan Idul Adha untuk jajaran Pemerintah Kota Mataram.

"Setelah Epicentrum Mall dibangun, Islamic Center diresmikan sehingga kita bergabung dengan pemerintah provinsi, kemudian terjadi pandemi COVID-19. Jadi kita baru sekarang bisa melaksanakan kembali Shalat Id tingkat Pemerintah Kota Mataram," katanya.

Dikatakan, kembalinya Pemerintah Kota Mataram melaksanakan Shalat Id terpisah karena banyak dorongan juga dari masyarakat, selain itu bisa lebih mendekatkan dan mempererat silaturahim antara pemerintah kota dengan warganya.

Baca juga: Ratusan warga Lombok Tengah menggelar Shalat Idul Adha di hari Sabtu
Baca juga: Masjid Guangzhou gelar shalat Id pada Minggu


Bahkan, sudah beberapa tahun terakhir ini banyak masukan dari masyarakat agar pemerintah kota melaksanakan Shalat Id di Epicentrum Mall, tapi karena COVID-19 dan alasan lainnya, pemerintah melakukan pembatasan.

"Alhamdulillah, Insyaallah tahun ini kita akan laksanakan di Epicentrum Mall untuk menjawab keinginan masyarakat," katanya.

Di sisi lain, tambahnya, semangat masyarakat juga akan berbeda ketika Shalat Id dilaksanakan di tingkat Pemerintah Kota Mataram.