Mantan Kadis ESDM sebutkan ada keterlibatan syahbandar di kasus tambang pasir besi Lombok Timur

id Pasir Besi Lombok Timur,Tambang Pasir Besi Lombok Timur,Mantan Kadis ESDM NTB,Pasir Besi

Mantan Kadis ESDM sebutkan ada keterlibatan syahbandar di kasus tambang pasir besi Lombok Timur

Mantan Kadis ESDM NTB inisial ZA (ketiga kiri) bersama dua tersangka lain usai menjalani tahap dua perkara korupsi tambang pasir besi PT AMG di Kantor Kejati NTB, Mataram, Jumat (7/7/2023). ANTARA/Dhimas B.P.

Mataram (ANTARA) - Mantan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Nusa Tenggara Barat berinisial ZA melalui kuasa hukumnya Umaiyah menyebut ada keterlibatan pihak syahbandar dalam perkara dugaan korupsi tambang pasir besi di Blok Dedalpak, Kabupaten Lombok Timur.

"Wajib sebenarnya syahbandar dan satu lagi mantan kepala bidang yang dipindah ke KSB (Kabupaten Sumbawa Barat) itu dijadikan tersangka karena dia pelakunya," kata Umaiyah usai mendampingi pelaksanaan tahap dua perkara korupsi tambang pasir besi PT AMG di Mataram, Jumat.

Baca juga: Mantan Kadis ESDM NTB segera disidangkan terkait korupsi tambang pasir besi di Lotim
Baca juga: Kejati NTB sebut kerugian kasus korupsi tambang PT AMG Rp36 miliar


Menurut dia, syahbandar bersama mantan Kepala Bidang Mineral dan Batu Bara (Minerba) Dinas ESDM NTB berinisial TR itu telah bersekongkol dalam aktivitas pengiriman material pasir besi ke luar Pulau Lombok.

Dia menduga syahbandar bersama mantan pejabat Dinas ESDM itu telah memanipulasi penerbitan surat izin dari kementerian dengan memalsukan tanda tangan ZA sehingga pengiriman material pasir besi tersebut bisa berjalan.

"Kenapa kemudian dengan surat itu bisa lepas tali, bisa jalankan pengapalan (pengiriman material tambang)? Pengapalan itu 'kan sekarang harus ada surat keterangan dari Kementerian ESDM. Surat itu posisinya masih dalam evaluasi RKAB," ujarnya.

Mengenai keberadaan dari surat untuk pengapalan tersebut, Umaiyah mengaku telah meminta pihak kejaksaan menunjukkan pada momentum praperadilan.

"Tetapi, itu dia, sampai ada putusan praperadilan tidak juga ditunjukkan bentuk surat itu," ucap dia.

Dengan menyampaikan hal demikian, Umaiyah menyatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan agar persoalan tersebut terungkap dalam persidangan karena persoalan itu yang kemudian membuat ZA menjadi tersangka.

"Persoalan ini nanti akan kami buka di persidangan. Kita tunggu saja," katanya.