Lomba perahu tradisional "Sandeq" di Sulbar

id Peringatan HUT Sulbar,Lomba Perahu tradisional, lomba perahu Sandeq, Sulbar

Lomba perahu tradisional "Sandeq" di Sulbar

Pemerintah Sulbar melakukan rapat koordinasi dalam rangka peringatan hari ulang tahun Sulbar ke 19 di Mamuju, Selasa (05/9/2023) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Lomba perahu tradisional "Sandeq" menjadi salah satu acara utama untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-19 Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang jatuh pada 22 September 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulbar, Muhammad Idris Dp di Mamuju, Selasa mengatakan, lomba perahu sandeq akan mengambil rute lomba dari Kabupaten Pasangkayu menuju Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Ia mengatakan, lomba perahu sandeq tersebut merupakan kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan memperingati hari jadi Sulbar. "Perahu merupakan kekayaan budaya Sulbar yang harus terus dilestarikan sehingga perlombaan sandeq digelar pada hari jadi Sulbar," katanya.

Menurut dia, ratusan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) akan meramaikan dam memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-18 Provinsi Sulbar. Ia mengatakan, pameran UMKM juga akan dilaksanakan dengan acara pesta rakyat agar masyarakat merasakan kebahagiaan menyambut HUT Sulbar. "Ratusan UMKM akan melakukan pameran produk usahanya pada peringatan HUT Sulbar, dan masyarakat secara luas akan dilibatkan pada perayaan tersebut," katanya.

Ia menyampaikan, sejumlah kegiatan juga akan dilaksanakan memperingati HUT Sulbar seperti pertandingan olahraga, pagelaran seni dan budaya, serta menggelar seminar. Selain itu, menggelar acara jalan santai, dan memberikan apresiasi tokoh pejuang pembentukan Provinsi Sulbar, dan masyarakat berprestasi dalam pembangunan.

Menurut dia, pemerintah Sulbar juga akan menggelar pameran komoditas pangan, dan acara penilaian karya inovasi organisasi perangkat daerah (OPD) di Sulbar. Ia mengatakan, peringatan HUT Sulbar akan dipusatkan di kantor DPRD Sulbar dengan menggelar sidang paripurna DPRD Sulbar

"Sidang paripurna DPRD Sulbar tersebut, akan dihadiri tamu undangan hingga 1.000 orang dari berbagai elemen masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Perahu pemancing dihantam ombak hingga karam di Perairan Gili Banta Bima
Baca juga: Wisata Taman Asreboyo Surabaya dilengkapi wahana perahu air


Ia mengatakan, logo dan tema kegiatan HUT Sulbar telah dirampungkan dan seluruh pihak diminta mendukung dan berpartisipasi suksesnya peringatan HUT Sulbar.