Mataram siapkan lahan bangun pasar ikan bersih

id pasar ikan Mataram,Mataram,lahan pasar,ketersediaan ikan,DPRD, DPRD Mataram

Mataram siapkan lahan bangun pasar ikan bersih

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Mataram H Irwan Harimansyah. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah menyiapkan lahan seluas 5.000 meter persegi untuk membangun pasar ikan bersih atau higienis di kawasan kampung nelayan Bintaro  dengan anggaran Rp480 juta bersumber dari APBD setempat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Mataram Irwan Harimansyah di Mataram, Sabtu, mengatakan, dari luas lahan 5.000 meter persegi itu yang digunakan jadi lokasi pembangunan fisik pasar ikan sekitar 30x15 meter.

"Pembangunan kita sesuai dengan kebutuhan dan jumlah pedagang ikan yang ada yakni sebanyak 30 pedagang," katanya.
 
Dengan anggaran Rp480 juta itu, lanjutnya, pasar ikan bersih akan dibangun dengan konsep terbuka. Sementara, untuk los pedagang sudah diputuskan membangun los biasa tanpa meja sesuai dengan permintaan dari pedagang ikan. 

Padahal, untuk model los pedagang sebenarnya bisa lebih tertata kalau menggunakan meja.
 
"Hanya saja, pedagang tidak mau. Jadi kita buat terbuka sebab kami tidak ingin sudah dibuatkan meja tapi nanti tidak digunakan," katanya.

Di sisi lain, pembangunan pasar ikan higienis itu juga akan dilengkapi fasilitas pendukung seperti lampu penerang, air bersih, dan fasilitas lainnya.

Sementara menyinggung tentang tender, Irwan mengatakan, tender pasar ikan menunggu proses pengurukan lahan seluas 5.000 meter persegi saat ini masih dikerjakan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim).

"Hasil koordinasi kami, Disperkim menargetkan kegiatan pengurukan lahan selesai sekitar dua minggu ke depan," katanya. 

Dikatakan, jika proses pengurukan lahan belum selesai, pihaknya tidak bisa mengajukan tender meskipun semua dokumen dan persyaratan sudah siap.

"Kalau kita tender sebelum pengurukan lahan selesai, maka rekanan belum berani melaksanakan proyek di areal tersebut," katanya.

Lebih jauh Irwan mengatakan, pembangunan pasar ikan bersih itu dimaksudkan untuk merelokasi aktivitas pedagang pasar ikan yang saat ini berada di jalur utama Jalan Saleh Sungkar atau jalur utama menuju objek wisata Senggigi.

Dengan kondisi yang kurang representatif termasuk aroma yang ditimbulkan setiap kali melintas di jalur tersebut.

Selain itu lokasi pasar ikan saat ini, sering kali mengganggu aktivitas lalu lintas karena mobil-mobil pengusaha yang membawa ikan dan pembeli parkir di badan jalan.

"Sementara pembangunan pasar ikan higienis yang kita siapkan berada di dalam, dekat dengan pantai sehingga tidak mengganggu aktivitas lalu lintas," katanya.  

Lebih jauh Irwan mengatakan, kendati proyek tersebut baru masuk jadwal tender bulan September ini, namun diyakini proyek pembangunan pasar ikan bersih dengan anggaran dari APBD Kota Mataram itu bisa rampung tahun ini. 

Baca juga: Tender pasar ikan higienis Mataram tunggu pengurukan rampung
Baca juga: Pemkot Mataram segera membangun pasar ikan higienis


"Proyek pengerjaan pasar ikan bersih dijadwalkan hanya 45 hari kerja dan sebab konsepnya terbuka dengan pemasangan tiang, atap, dan pembuatan los saja," katanya.