Injourney usulkan rute penerbangan Internasional jelang MotoGP 2024

id Penerbangan Internasional ,MotoGP ,Sirkuit Mandalika,itdc

Injourney usulkan rute penerbangan Internasional jelang MotoGP 2024

Acara konferensi pers Flight connectivity Lombok yang digelar ITDC di Bukit 360 Sirkuit Mandalika, Rabu (17/7/2024) ANTARA/Akhyar Rosidi

Lombok Tengah (ANTARA) - Injourney Tourism Development Corporation (ITDC) mengusulkan rute penerbangan internasional dari dan menuju Bandara Lombok dalam rangka mendukung ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tim Komunikasi Peningkatan Penerbangan ITDC I Gusti Ngurah Ardita di Lombok Tengah, Rabu, mengatakan, pihaknya sudah membuka komunikasi dengan pihak airline untuk membuka penerbangan Internasional.

"Hak tersebut sudah disetujui oleh pihak airlane, terlebih Bandara Lombok saat ini sudah menambah runway," katanya.

Pihaknya telah melakukan komunikasi dengan pihak maskapai dan mereka setuju, namun masih melihat keberlanjutan seperti apa kesepakatan kerja sama yang akan dilaksanakan.

"Tahapan awal ini yang agak berat," katanya.

Baca juga: Jelang MotoGP 2024, Lintasan Sirkuit Mandalika NTB dicat ulang

Sebelumnya memang pernah ada rute penerbangan Internasional seperti ke Malaysia, namun dikarenakan dengan adanya musibah seperti gempa bumi yang terjadi pada 2018 dan ditambah COVID-19 membuat tidak ada lagi.

Pihaknya sudah melakukan forum diskusi dengan stakeholder terkait dan meminta agar pemerintah provinsi dan pusat untuk turut membantu.

"Diharapkan peran pemerintah Provinsi NTB dan pusat untuk mendukung kebutuhan airline yang diperlukan," ujarnya.

Untuk rute penerbangan Internasional saat ini yang diusulkan itu seperti Australia, karena dari sana bisa memancing wisatawan yang lainnya untuk bisa berkunjung ke NTB.

"Namun target rute penerbangan Internasional juga seperti Korea, China dan Thailand," katanya.
 

Baca juga: Pembalap MotoGP Mandalika direncanakan parade di Mataram