Serpihan surga di Pantai Nambung-Sekotong

id Pantai Nambung,Lombok Barat,Sekotong

Serpihan surga di Pantai Nambung-Sekotong

Air terjun di Pantai Nambung, Sekotong, Lombok Barat yang airnya berasal dari gelombang laut.

Mataram (ANTARA) - Pantai Nambung, begitulah orang mengenalnya. Nambung adalah nama dusun yang terletak di perbatasan Lombok Barat, Kampung Nambung yang termasuk dalam wilayah Buwun Mas-Sekotong-Lombok Barat, yang langsung berbatasan dengan Lombok Tengah.

Di Pantai Nambung terdapat barisan bukit-bukit hijau dengan pantainya yang berpasir putih sehingga menambah keindahannya, di pantai ini juga terdapat daya tarik yang mampu menyihir setiap pasang mata yang melihatnya, yaitu air terjun asin yang berada di pinggir pantainya.

Air terjun yang ada di pantai ini merupakan ikon atau daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Nambung. Bagaimana tidak, air terjun yang berasal dari ombak pasang yang menabrak karang besar, kemudian air tersebut mengalir ke bawah membentuk seperti air terjun pada umumnya.

Selain itu,untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan harus melewati karang-karang besar yang sedikit licin,  namun wisatawan juga bisa menggunakan perahu untuk menuju lokasi air terjun tersebut, hanya dengan membayar Rp10 ribu saja.

Pantai nambung dan air terjun asin bukanlah destinasi wisata biasa, karena Pantai Nambung juga memiliki hamparan pasir merica dengan pemandangan deretan rumput laut yang tertata rapi di sepanjang bibir pantai yang sangat mempesona.

Pantai Nambung memiliki bibir pantai yang begitu luas dengan pemandangan laut lepas yang dapat memanjakan setiap pengunjungnya, karena pantai nambung ini letaknya yang berbatasan dengan samudera hindi, maka tak heran jika pantai ini memiliki ombak yang besar dan bergulung-gulung.

Oleh karena itu di beberapa titik lokasi perbatasan tersebut lebih menjadi prioritas tempat surfing atau berselancar, pantainambung ini juga banyak di huni oleh ikan-ikan besar, sehingga sering kali menjadi tujuan memancing dan menangkap ikan bagi para nelayan-nelayan luar Lombok.

Dan untuk menuju Pantai Nambung, jarak yang di tempuh dari Kota Mataram sekitar 2 jam perjalanan, dan jalanan yang ditempuh juga akan sedikit menguji adrenalin, karena banyak tanjakan dan turunan yang akan di lalui. Namun perjalanan itu akan terbayar lunas setelah sampai di Pantai Nambung yang keindahannya tiada duanya dan tiada tandingannya.
Pasir merica di Pantai Nambung
 
Selain dimanjakan dengan keindahan alamnya, pantai ini juga sangat strategis untuk dikunjungi oleh siapapun, karena untuk masuk hanya membayar Rp10 ribu bisa langsung menikmati keindahan pantainya dan bermanja-manja sepuasnya dengan alam yang Allah SWT ciptakan untuk hambanya yang di cintainya.

Dan destinasi wisata pantai nambung ini juga sangat cocok bagi kalian yang suka mengupload foto di sosmed, dan juga sangat cocok bagi kalian yang suka berlibur bareng keluarga atau temen.

Namun karena pantai ini belum terlalu dikenal dan belum banyak yang mengunjunginya, sehingga fasilitas untuk kebersihannya seperti tong sampah itu belum di sedikan, hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga kebersihannya dan melestarikan wisata-wisata yang ada di Lombok.

Oleh karena itu bagi kalian para wisatawan untuk jangan lupa tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak merusak atau mengotori alam yang begitu luar biasa indah yang allah berikan.

Karena alam yang Allah SWT berikan untuk kita, bukan untuk dirusak atau dicemari, melainkan untuk dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar