Tim SAR Mataram evakuasi delapan awak KM Lintas Samudera II

id evakuasi awak kapal,KM Lintas Samudera II,kecelakaan perairan,Tim SAR Mataram, Mataram, Perairan laut Lombok

Tim SAR Mataram evakuasi delapan awak KM Lintas Samudera II

Tim SAR mengevakuasi awak kapal yang menghadapi kerusakan mesin dari perairan Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat (23/6/2023). (ANTARA/HO Humas SAR Mataram)

Mataram (ANTARA) - Tim SAR sudah mengevakuasi delapan awak Kapal Motor Lintas Samudera II, kapal yang mengalami kerusakan mesin di perairan utara Lombok dalam perjalanan dari Pelabuhan Bima, Nusa Tenggara Barat, menuju ke Probolinggo, Jawa Timur.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram Lalu Wahyu Efendi dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Sabtu, menyampaikan bahwa anak buah kapal nahas itu dievakuasi menggunakan Kapal Penyelamat 220 Mataram ke Pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat.

Menurut dia, Kantor Pencarian dan Pertolongan langsung mengerahkan petugas untuk membantu awak Kapal Motor Lintas Samudera II (GT 150) setelah menerima laporan mengenai kejadian nahas yang menimpa mereka.

Ia mengatakan bahwa kapal itu mesinnya rusak saat berada di perairan utara Lombok. "Kapal itu mogok, karena mesin kapal rusak," kata dia. Setelah berhasil menemukan lokasi kapal dan mendapati semua awak kapal selamat, ia mengatakan, tim SAR mengevakuasi mereka ke Pelabuhan Lembar dan sampai di pelabuhan pada Jumat (23/6) pukul 21.40 WITA.

Baca juga: Tim SAR Mataram cari tiga nelayan hilang di laut
Baca juga: Jasad pemancing tenggelam di perairan Gusu di evakuasi Tim SAR Mataram


Dia mengimbau para nelayan memeriksa kondisi kapal sebelum melaut guna menghindari risiko kecelakaan. "Kami mengimbau kepada nelayan untuk mengecek kondisi kapal sebelum melaut dan tetap waspada terhadap potensi gelombang tinggi di wilayah NTB," katanya.