TNI menggandeng BUMN tanam 500 bibit pohon di kawasan Sirkuit Mandalika

id penanaman pohon tni, karya bhakti tni 2023, penanaman pohon di kawasan sirkuit mandalika, itdc, korem 162/wb

TNI menggandeng BUMN tanam 500 bibit pohon di kawasan Sirkuit Mandalika

Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Agus Bhakti (ketiga kanan) menyiram bibit pohon jenis tanaman keras dalam kegiatan penanaman di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Jumat (8/12/2023). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggandeng sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) menanam 500 bibit pohon jenis tanaman keras di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Komandan Resor Militer (Danrem) 162/Wira Bhakti Brigadir Jenderal TNI Agus Bhakti di Lombok Tengah, Jumat, mengatakan bahwa penanaman bibit pohon ini merupakan kelanjutan dari hasil penggalangan dana bersama sejumlah BUMN.

"Jadi, meneruskan rencana sebelumnya dari hasil penggalangan dana bersama sejumlah BUMN, dana itu kami belikan bibit pohon dan hari ini dengan mengajak masyarakat sekitar, kami bersama-sama menanamnya di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika. Untuk di sini, ada 500 pohon yang kami tanam," kata Brigjen TNI Agus Bhakti.

Dia menjelaskan bahwa penanaman bibit pohon di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika ini sudah melalui proses pemetaan yang tercatat sebagai salah satu lokasi yang membutuhkan upaya penghijauan.

Koordinasi dengan elemen pemerintah maupun pihak pengelola kawasan Sirkuit Mandalika, yakni Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) juga tidak lepas dalam menentukan lokasi penanaman.

"Ini tentunya merupakan satu langkah nyata kami dalam menjaga komitmen pelestarian alam untuk tujuan membentuk lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan," ujarnya

Danrem Wira Bhakti juga mengatakan penanaman bibit pohon ini bagian dari implementasi kegiatan Karya Bhakti TNI Tahun 2023.

"Jadi, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak skala nasional, untuk NTB dilaksanakan oleh seluruh kodim (komando distrik militer) setiap kabupaten/kota. Kegiatan telah kami mulai sejak Kamis (7/12) kemarin dan akan terus berlanjut sampai 14 Desember 2023," ucap dia.

Dengan adanya kegiatan ini dia mengharapkan dapat menjadi sebuah momentum bersama dalam meningkatkan kesadaran menjaga kelestarian alam.

"Kita ketahui bahwa musim hujan kini sudah masuk, dan ini menjadi kesempatan kita semua untuk melakukan penghijauan. Kami harap dengan adanya kegiatan ini, yang lain juga ikut melakukan penanaman," katanya.

Dia turut mengingatkan seluruh pihak agar tidak melihat kegiatan ini hanya sekadar melaksanakan penanaman, namun menjadikan momentum ini sebagai investasi jangka panjang agar kelestarian alam tetap terjaga.

"Jadi, ini bukan sekadar menanam bibit pohon saja, tetapi menjadi amal dan harapan kita bersama untuk kebaikan generasi di masa depan. Karena itu, mari kita tanamkan harapan, tanamkan kebaikan dengan menanam bibit pohon dan menjaga lingkungan alam kita agar tetap lestari," ujar dia.

Dengan adanya kegiatan penanaman di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika, General Manager ITDC Molin Duwanno menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada TNI yang sudah menginisiasi kegiatan ini.

"Tentu, kegiatan ini sejalan dengan program kami dalam melestarikan alam. Untuk itu, kami dari ITDC mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada TNI dan juga pemerintah daerah serta masyarakat sehingga kegiatan penanaman pohon di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika ini dapat terlaksana," kata Molin.