Persani siapkan pemusatan latihan untuk Rifda

id PB PERSANI,Olimpiade 2024,Senam Indonesia

Persani siapkan pemusatan latihan untuk Rifda

Potret atlet gymnastic Rifda Irfanaluthfi saat berlaga di World Artistic Gymnastics Championships 2023, Antwerp, Belgia. ANTARA/instagram/@rifda_irfanaluthfi/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB PERSANI) menyiapkan pemusatan latihan (TC) untuk pesenam andalan Indonesia Rifda Irfanaluthfi sebelum tampil di ajang Olimpiade 2024 Paris.

Sekjen PB PERSANI Sri Sundari Kencana mengatakan nantinya peraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam tersebut akan melakoni pemusatan mulai bulan Mei mendatang di Belanda. Selain Rifda, PB PERSANI juga mengirimkan Ameera Rahmajanni Hariadi untuk melakoni TC sebagai proses regenerasi.

"Pemusatan latihan itu digunakan cukup lama sekitar 2 bulan di Belanda, itu saya rasa cukup banget untuk memperbaiki semua gerakan, teknik dan sebagainya. Kemudian (tampil) ke Perancis sehingga adaptasi di Perancis nggak perlu cukup lama lagi," kata Sekjen PB PERSANI Sri Sundari kepada pewarta, Selasa.

Sebelum menjalani TC, Rifda dan Ameera akan tampil di ajang AGU WAG Senior Championships yang berlangsung di Taskhent, Uzbekistan pada 22-26 Mei mendatang. PB PERSANI kini juga tengah menyiapkan Ameera sebagai pelapis Rifda dengan mengikutkan di sejumlah ajang World Championships ataupun Piala Dunia.

"Kita ketahui bahwa Ameera memang sudah dipersiapkan sebagai pelapis dari Rifda dan memiliki potensi yang cukup baik, sehingga saat ini kita selalu sertakan agar memperoleh pengalaman yang kurang lebih sama dan kemampuannya juga sudah cukup mumpuni. Jadi tinggal kita perbanyak lagi untuk bertanding mengikuti World Championship atau World Cup," kata Sri Sundari.

Baca juga: Pelatih timnas senam kebut latihan fisik Rifda
Baca juga: PB Persani dorong prestasi senam


Ameera mengatakan siap dengan posisi sebagai penerus Rifda dan menargetkan untuk dapat menembus Olimpiade 2028 ke depannya.

"Kak Rifda udah jadi role model yang sangat baik buat aku, karena aku belajar banyak banget dari Kak Rifda dan aku pasti suatu saat pengin banget jadi kayak kak Rifda," ujar Ameera.

"Target aku sih di Olimpiade 2028, sebelum itu masih banyak pertandingan-pertandingan yang harus diikuti sekarang fokus melakukan saja satu-satu dulu," tambahnya.