Hunian hotel di Mataram saat MXGP 2024 didominasi warga lokal

id hunian MXGP,hotel,warga lokal,mataram,MXGP 2024

Hunian hotel di Mataram saat MXGP 2024 didominasi warga lokal

Areal Sirkuit MXGP Selaparang Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Sampai hari ini belum ada tamu asing atau dari luar daerah yang memesan kamar hotel
Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan tingkat hunian hotel di Mataram saat pelaksanaan kejuaraan internasional Motocross Grand Prix (MXGP) di Sirkuit Selaparang Mataram 29 Juni-7 Juli 2024, masih didominasi warga lokal.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram Cahya Samudra di Mataram, Kamis, mengatakan, informasi yang diterima dari Asosiasi Hotel Mataram (AHM) mencatat tingkat hunian di MXGP masih banyak warga lokal.

"Sampai hari ini belum ada tamu asing atau dari luar daerah yang memesan kamar hotel," katanya kepada sejumlah wartawan.

Baca juga: Pelaku UMKM diimbau tak naikkan harga saat MXGP 2024 di Mataram

Menurutnya, kondisi itu terjadi karena memang perhelatan MXGP belum sepopuler MotoGP sehingga ketika ada MotoGP para wisatawan luar daerah bahkan luar negeri ada menginap di Kota Mataram.

Meskipun jarak ke Sirkuit Mandalika lumanyan jauh, namun layanan fasilitas transportasi dan akomodasi yang mudah memberikan kenyamanan bagi para tamu tinggal di Kota Mataram.

"Harapan kita ke depan MXGP ini bisa lebih terpublikasi sehingga memberikan dampak lebih signifikan," katanya.

Ketua AHM I Made Adiyasa Kurniawan sebelumnya mengatakan, okupansi hotel di Mataram saat MXGP ditargetkan mencapai 70 persen pada Jumat (28/6-2024).

Baca juga: Pagelaran seni budaya siap semarakkan MXGP 2024 di Mataram

Dalam kegiatan ini AHM tidak bisa menargetkan okupansi hotel mencapai 100 persen seperti ketika perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika sebab ajang balap motor MXGP dengan MotoGP berbeda jauh.

"MotoGP sudah dikenal secara nasional, sedangkan MXGP baru mulai dipublikasikan," katanya.

Menurutnya, berdasarkan dari pengalaman pelaksanaan MXGP 2023, pengakuan tamu yang menginap di sejumlah hotel mereka datang untuk menonton konser DEWA bukan untuk MXGP.

"Mereka baru tahu kalau ada MXGP pada saat sudah di lokasi. Tahun lalu panitia menghadirkan DEWA-19 untuk kegiatan hiburan," katanya.

Baca juga: Pemkot ajak warga Mataram jadi tuan rumah "Harum" saat MXGP 2024

Selain itu, tambah, para tamu yang menginap di hotel saat MXGP rata-rata merupakan tamu lokal atau masih warga NTB yang ingin menonton DEWA.

"Harapan kita semoga tahun ini bisa lebih baik. Apalagi dari informasi panitia akan menghadirkan Raisa dalam acara hiburan MXGP Selaparang." katanya.


Baca juga: Omzet UMKM Mataram selama MXGP ditarget Rp500 juta
Baca juga: Para pembalap MXGP 2024 bakal diarak ke Teras Udayana Mataram