Alfamart salurkan donasi konsumen melalui Lazis Muhammadiyah

id Alfamart

Alfamart salurkan donasi konsumen melalui Lazis Muhammadiyah

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola jaringan ritel Alfamart menyalurkan donasi yang dihimpun dari konsumen melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Bengkulu. (Foto/HO/Alfamart)

Mataram (Antaranews NTB) - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola jaringan ritel Alfamart menyalurkan donasi yang dihimpun dari konsumen melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Bengkulu.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin, melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Jumat, mengatakan hasil penggalangan donasi konsumen Alfamart sudah diserahkan kepada pengurus LAZISMU di Gedung Universitas Muhammadiyah, Bengkulu, pada 14 Februari 2019.

Ia mengatakan Alfamart sebagai salah satu jaringan ritel modern di Indonesia, berusaha memberikan nilai lebih kepada masyarakat luas. Salah satunya melalui program DonasiKu yang mengajak masyarakat berpartisipasi dalam misi kemanusiaan membantu sesama.

"Uang receh atau kembalian yang masyarakat setuju berikan secara sukarela melalui toko, kami himpun per periode untuk selanjutnya disalurkan seluruhnya melalui yayasan-yayasan yang bekerja sama, salah satunya LAZISMU," katanya.

LAZISMU merupakan lembaga zakat berskala nasional yang didirikan sejak tahun 2002 dengan izin operasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 730/2016.

Solihin menyebutkan hasil penggalangan donasi konsumen Alfamart yang terkumpul selama periode 1 Juli hingga 31 Desember 2018 sebesar Rp4,24 miliar.

Donasi tersebut akan disalurkan dalam bentuk paket perlengkapan sekolah berisi alat tulis, seragam, dan tas sekolah sebanyak 6500 paket, bantuan 20 titik renovasi sekolah, bantuan 1200 family kit untuk korban bencana alam dan bantuan kemanusiaan lainnya bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ketua LAZISMU, Hilman Latief menyatakan, donasi konsumen Alfamart yang dikelola oleh LAZISMU akan disalurkan secara bertanggung jawab, transparan, dan profesional.

"Karena ini adalah amanah dari masyarakat banyak, kami berkewajiban agar donasi konsumen Alfamart yang terkumpul bisa benar-benar sampai ke tangan yang membutuhkan," kata Hilman.

Menurut dia, masih banyak masyarakat prasejahtera di pelosok daerah yang belum tersentuh bantuan.

Untuk itu, peran serta perusahaan ritel dalam menghimpun donasi, sangat dibutuhkan. Melalui kerja sama tersebut, niat baik dari Alfamart khususnya konsumen yang ikut berdonasi, bisa memberikan berkah.

Alfamart dan LAZISMU, kata dia, sepakat untuk menyalurkan dengan maksimal penyerapan sekaligus menjangkau lebih luas lagi penerima bantuan.

"Kami berharap semakin banyak masyarakat yang dapat berpartisipasi, karena sekecil apa pun bantuan yang diberikan yang dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan," ujar Solihin.