Alfamart Gelar Pelatihan Ritel Di Lombok Timur

id ritel alfamart

Alfamart Gelar Pelatihan Ritel Di Lombok Timur

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Timur Sahabudin berfoto bersama dengan pihak Alfamart, usai menggelar pelatihan manajemen ritel bagi UMKM di Kabupaten Lombok Timur, Kamis. (1)

"Untuk kali ini kami gelar di Kabupaten Lombok Timur, antusiasme para peserta begitu tinggi, karena metode penyampaian materi yang disampaikan para tutor membuat peserta dengan mudah memahami arti dari ritel,"
Mataram, (AntaraNTB) - Alfamart kembali menggelar pelatihan manajemen ritel modern bagi 100 pedagang tradisional yang dilaksanakan di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Branch Manager Alfamart Lombok Yudi Sobari kepada wartawan, Kamis, mengatakan sinergi antara perusahaan besar dengan pelaku usaha modal kecil perlu digalakkan secara berkesinambungan.

"Salah satu yang dilakukan Alfamart adalah memberi pelatihan manajemen ritel modern kepada pedagang warung," kata Yudi didampingi Government Relations Senior Manager Alfamart Faturrahman.

Ia mengatakan, pelatihan yang digelar secara berkala dan merata tersebut, diadakan di seluruh kota di Indonesia, utamanya yang terdapat jaringan Alfamart.

"Untuk kali ini kami gelar di Kabupaten Lombok Timur, antusiasme para peserta begitu tinggi, karena metode penyampaian materi yang disampaikan para tutor membuat peserta dengan mudah memahami arti dari ritel," ucapnya.

Adapun materi yang diberikan selama pelatihan antara lain cara pengelolaan keuangan, pengelolaan persediaan barang, pengetahuan tentang produk, memajang produk, sampai bagaimana cara memberi pelayanan prima kepada pelanggan.

"Tujuan dari pelatihan ini tidak lain agar ritel tradisional dapat bersama-sama maju dan berkembang seiring dengan ekspansi ritel modern," ujarnya.

Meskipun sektor yang dijajaki sama yakni dalam hal ritel, kata Yudi, namun pada dasarnya kedua lini bisnis tersebut memiliki segmentasi pasar yang berbeda.

"Jadi perusahaan berharap agar ritel tradisional juga memiliki kesamaan cara pandang terutama dalam menjalankan bisnis ritel," kata Yudi.

Selain itu, diharapkan dapat memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan, sehingga asumsi bisnis ritel modern yakni dapat mematikan ritel tradisional dapat dikesampingkan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Timur Sahabudin memberikan apresiasi terhadap program unggulan Alfamart tersebut.

"Ini memang yang sedang dibutuhkan para pedagang kecil, yakni dukungan para pengusaha besar, jadi peluang untuk maju bersama-sama semakin terbuka lebar," ujar Sahabudin.(*)