Warga Senaru Lombok keluhkan sepinya wisatawan mancanegara

id Dusun Senaru,Warga Senaru,Gunung Rinjani

Warga Senaru Lombok keluhkan sepinya wisatawan mancanegara

Foto: Mahmud

Mataram (Antaranews NTB) - Warga Senaru di kaki Gunung Rinjani, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, mengeluhkan sepinya pengunjung mancanegara saat ini.

"Saat ini wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Senaru sangat minim," kata Hamzah, pramuwisata di Senaru, Minggu.

Hamzah mengatakan kurangnya wisatawan bermula dari gempa yang terjadi beberapa bulan lalu ditambah lagi dengan ditutupnya pendakian menuju Gunung Rinjani, Lombok Timur untuk mengantisipasi terjadinya longsor akibat musim hujan.

Sehingga pengunjung semakin menurun drastis, katanya.

Hamzah berharap agar pemerintah bisa membantu mendatangkan kembali wisatawan mancanegara agar menaikkan kembali pendapatan mereka.

Sementara itu, Sumardi, pemilik penginapan di Senaru, mengatakan, penurunan wisatawan mancanegara berdampak pula pada jasa penginapan.

Saat ini sebagian besar penginapan benar-benar sepi, biasanya banyak turis dari Eropa, akan tetapi yang tersisa tinggal turis Cina, itupun hanya satu dua yang datang, katanya.

Sumardi berharap banyak kepada pemerintah untuk mempublikasikan kembali pariwisata di Senaru, sehingga kondisinya akan kembali seperti sedia kala.

Pantauan Antara, saat ini banyak penginapan di Senaru yang tidak terpakai baik akibat rusak karena gempa serta kekurangan wisatawan.