Kapolda NTB sebutkan 35 posko siap bantu penanganan mudik Lebaran 2023

id Kapolda NTB Irjen Djoko Poerwanto,Polda NTB Mudik,Mudik Lebaran 2023 di NTB,Operasi Ketupat Rinjani 2023,Kapolda NTB Operasi Ketupat Rinjani 2023,Ope

Kapolda NTB sebutkan 35 posko siap bantu penanganan mudik Lebaran 2023

Kapolda NTB Irjen Pol. Djoko Poerwanto bersama Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah memeriksa kesiapan personel pengamanan mudik Lebaran 2023 dalam giat Apel Pasukan Operasi Ketupat Rinjani 2023 di Lapangan Bhara Daksa, Polda NTB, Senin (17/4/2023). (ANTARA/HO-Polda NTB)

Mataram (ANTARA) - Kepala Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol. Djoko Poerwanto menyebut 35 posko yang siap membantu dalam penanganan mudik Lebaran 2023 agar tetap berjalan aman, nyaman, dan lancar.

"Jadi, nanti di masing-masing posko ini terdapat personel yang selalu siap memberikan pelayanan untuk pemudik, seperti tempat istirahat dan cek kesehatan," kata Djoko di Mataram, NTB, Senin.

Baca juga: Kapolda NTB sebutkan 35 posko siap bantu penanganan mudik Lebaran 2023

Dia mengatakan pihaknya juga memberikan pelayanan kepada pemudik dengan melibatkan unsur TNI dan pemerintah setempat, baik dari dinas kesehatan, dinas perhubungan, otoritas keamanan bandara, maupun pelabuhan.

Djoko menambahkan bahwa posko tersebut beroperasi sesuai agenda Operasi Ketupat Rinjani 2023 selama dua pekan mulai Selasa (18/4).

Keberadaan posko-posko itu juga sudah melalui tahap pembahasan bersama seluruh pihak yang terlibat dalam pengamanan. Oleh karena itu, penempatan posko sudah dipastikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

"Itu mulai dari gerbang masuk NTB, seperti di bandara dan pelabuhan, di sana tentunya didirikan posko pengamanan dan pelayanan," jelasnya.

Selain di gerbang masuk NTB, posko juga ditempatkan di sejumlah jalur yang berpotensi terjadi kemacetan kendaraan serta di kawasan pertokoan atau pusat perbelanjaan, khususnya di Kota Mataram.

Djoko merinci 35 posko penanganan mudik Lebaran 2023 itu terbagi atas tiga kategori, yakni pengamanan, pelayanan, dan terpadu.