Polda NTB memastikan jenazah ketiga korban terakhir insiden MT Kristin

id jenazah abk mt kristin,jenazah diki abdul azis

Polda NTB memastikan jenazah ketiga korban terakhir insiden MT Kristin

Tim SAR mengevakuasi jenazah ABK terakhir yang menjadi korban insiden kebakaran MT Kristin bernama Diki Abdul Azis melalui Pantai Ampenan, Mataram, NTB, Kamis (30/3/2023). (ANTARA/HO-Basarnas Mataram)

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) memastikan temuan jenazah ketiga oleh tim gabungan pencarian dan pertolongan di kawasan Barat Laut Pulau Lombok adalah korban terakhir dari insiden kebakaran kapal tanker MT Kristin Surabaya.

"Iya, dari identifikasi Tim DVI (Disaster Victim Identification) Polri, dipastikan jenazah yang ditemukan pagi tadi ini adalah korban terakhir bernama Diki Abdul Azis," kata Kepala Subdirektorat Kedokteran Kepolisian (Dokpol) Polda NTB Ajun Komisaris Besar Polisi dr. Dadik Sudiantono di Mataram, Kamis.

Dadik pun meyakinkan jenazah tersebut merupakan Diki Abdul Azis berdasarkan hasil Tim DVI Polri yang melakukan identifikasi dengan metode "Secondary Investigation".

Metode ini dijalankan dengan pengumpulan data antemortem dan antropometri atau ciri-ciri khusus korban terkait adanya bekas cedera patah pada tulang rusuk Diki Abdul Azis.

"Setelah kami cocokkan, memang ada (cedera patah pada tulang rusuk)," ujarnya.

Keterangan itu pun, jelas dia, didapatkan Tim DVI Polri dari pengakuan paman dan ibu kandung Diki Abdul Azis.

Keterangan dari anak buah kapal (ABK) yang selamat juga menguatkan bahwa jenazah tersebut merupakan Diki Abdul Azis. Keterangan itu terkait pakaian yang digunakan.

"Saat terakhir, korban menggunakan 'slayer' (kain penutup kepala) dan pakaian yang serupa dengan yang ada pada jenazah," ucap dia.

Keterangan lain juga dikuatkan dari hasil identifikasi sidik jari yang sesuai dengan data Diki Abdul Azis yang terekam saat mengurus surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).